Selasa, 12 Januari 2016

Setup Nanas




Kemarin ada beberapa kerabat datang dan membawa oleh-oleh  buah nanas yang besar-besar dan lumayan banyak. Wow, senang sih, tapi lalu kepikiran juga, nanas sebanyak ini mau diapain ya? Sudah ada beberapa yang dibagikan ke tetangga kanan kiri, tapi kok sepertinya masih banyak saja.
Ada yang menyarankan dibikin selai saja, buat isian nastar. Tapi kaaannn... lebarannya masih lama. Kayaknya kurang afdol kalo bikin nastar bukan di hari-hari menjelang lebaran hehe... (alasan sebenarnya sih maleezz...).  Eh, tiba-tiba Rafka nyeletuk, “Bikin setup nanas lagi ya Ma, yang kayak kemaren.”
Wah, bikin setup nanas lagi? Kalau belum bosen ya oke-oke aja sih. Sebenarnya saya tuh masih penasaran dengan setup nanas buatan ibu saya yang seger semerbak wangi daun pandan. Tapi ya itu, di tempat saya sekarang kayaknya nyari daun pandan kok susah sekali (apa saya yang kurang gigih nyarinya ya? Hehe...). Tapi saya sih tetep pengennya bikin setup nanas yang beraroma pandan, akhirnya meluncur ke Toko Bahan Kue (tbk) dan beli esens pandan. Hahaha...... Dan dengan penuh semangat mengeksekusi buah nanas sambil membayangkan segarnya setup nanas beraroma pandan.

Etapi kookkk.. airnya jadi berwarna hijau ya? Perasaan kan, kalau pake daun pandan asli warna air tidak berubah ya? Tapi pake esens pandan ini airnya berubah jadi hijau, hihi....
Kata Rafka, kali ini namanya: Setup Nanas Kuah Hijau. Hah? Ya... okelah. Hehe.....

Ya, namanya bukan daun pandan asli sih ya, rasanya tetep beda dengan daun pandan yang asli. Tapi lumayan-lah ya... agak-agak mirip sedikit, hihi......
Resep setup nanas yang asli buatan ibu saya sudah pernah saya posting ya...
 Nah kalo yang ini resep setup nanas ala saya:
2 buah nanas ukuran kecil / 1 buah nanas ukuran besar.
1000 ml air.
250 gr gula pasir / sesuai selera.
1 atau 2 tetes essens pandan.
Cara Membuat:
Potong buah nanas kecil-kecil. Didihkan air dan gula pasir. Masukkan buah nanas, masak sebentar supaya rasa dan aroma nanas menyebar di dalam air sambil diteteskan essens pandan. Selesai.
Dan jadilah, kalau kata rafka: Setup Nanas Kuah Hijau. Hehehe....
Kalau ada yang suka silahkan dicoba ya man temans....

2 komentar:

  1. Wah ini kayanya seger gitu yaaaa..
    Saya mau coba ahh di rumah, selain nanas apa lagi ya mbak ? Makasih yaa share nya

    BalasHapus
  2. buah yg biasa saya bikin setup selain nanas biasanya pisang dan rambutan mbak.kalau ada buah pepaya biasanya hanya saya gunakan sebagai campuran aja, dan pepayanya dimasukkan setelah api dimatikan.

    BalasHapus