Sabtu, 30 April 2016

Sambel Ikan Cue




Tadi itu pas nganter Rafka sekolah lihat mbak sayur bawa ikan cue, kok jadi pengen makan ikan cue ya.

Oh ya mbak sayur ini memang biasa nyamperin ibu-ibu di Tknya Rafka, jadi memudahkan ibu-ibu lah ya, sambil nganter/nungguin putra/putrinya sambil belanja sayur sekalian. Ibu-ibu guru pun jadi lebih terbantu karena nggak perlu nyelakke (duh apa ya bahasa Indonesianya) ke pasar atau warung di sela-sela kesibukan mereka.
Nah kembali ke ikan cue nih, sempet ragu-ragu juga mau beli atau tidak. Soalnya Kak Raki tuh paling nggak doyan sama yang namanya ikan. Ikan apa saja. Pernah nih dulu waktu masih kecil saya suapin pakai ikan, jadi daging ikannya cuma saya ambil secuil keciiilll banget. Trus saya taruh di dasar sendok, setelah itu saya tumpukin nasi agak banyak. Maksudnya sih biar rasa ikannya tersamarkan. Eeh.. si Kakak berasa aja, langsung dilepeh lagi itu nasi yang sudah bercampur sedikit daging ikan. Tapi Kakak paling suka memelihara ikan hidup. Sampai dibuatin kolam kecil sama papanya, setiap pulang sekolah langsung nongkrong di pinggir kolam, bahkan terkadang sampai nyemplung segala. Tahu-tahu pas saya samperin bajunya sudah basah kuyup semua. 


Setelah besar, Kakak sudah nggak begitu-begitu banget sama ikan hidup. Bahkan ketika di rumah yang sekarang dibuatkan lagi kolam ikan sama papanya, tuh kolam dicuekin aja sampai airnya lumutan. Tapi ketidak doyanan Kakak sama ikan mateng tetap berlanjut.
Nah, jadi wajar toh, kalau tadi saya sempat ragu-ragu membeli ikan cue yang menggoda itu....
Tapi... ah, biarlah, lagi pingin banget ini... apalagi lihat ibu-ibu yang lain pada beli juga. Refleks tangan ini mengambil 4 keranjang ikan cue dan memberikannya ke mbak sayur untuk dibungkus. Kak Raki nanti dibuatkan telur dadar atau telur ceplok saja. Kalau untuk Rafka ikan cuenya nanti cukup digoreng saja. Nah untuk saya dan papanya rencananya ikan cue ini mau dibikin sambel. Sudah gak perlu apa-apa lagi, cukup makan pake sambel ikan cue ini, rasanya sudah mantap dan nikmat. Nglawuhi, kalau kata orang Jawa.
Ini saya share resep ala saya ya temans. Ya, mungkin setiap orang punya trik, tehnik, dan resep yang berbeda. Ya ini ala saya saja hehe....
Bahan:
¼ kg cabai merah (bisa dicampur rawit kalau suka pedes banget)
2 buah tomat ukuran sedang
½ sdm terasi
1 sdm gula merah
½ sdt garam
10 bawang merah, potong-potong
4 siung bawang putih, potong-potong
6 ekor (3 keranjang) ikan cue, goreng, suwir-suwir kasar
Cara membuat:
Goreng semua bahan bumbu kecuali gula dan garam.
Lalu haluskan bersama gula dan garam.
 Tumis kembali, beri sedikit air.
Masukkan ikan cue, masak sampai meresap.
Disajikan bersama nasi putih hangat. Hmmm... sedaapp......

6 komentar:

  1. Sediakan dan mentimun tambah nikmat. Sambalnya menggoda iman.

    BalasHapus
  2. Kemangi dan mentimun. Tambah mantap

    BalasHapus
  3. Ikan cue? Hmmm.... rasanya bru kali ini saya mendengarnya. Mungkin pernah tahu bentuknya, cuma tidak tahu namanya. :)

    BalasHapus
  4. lihat gambarnya aja udah ngileer apalagi kalo tersedia dei depan mata. Pastilah nasi sebakul gak terasa ludes tandas hahaha

    BalasHapus
  5. Langsung ngiler nih mbak.. Mau coba ahhh
    Makasih ya resepnya

    BalasHapus
  6. Saat melihat postingan ini di G+, gak tahan langsung klik dan mampir di sini. Sekilas seperti goreng balado masakan dari tanah kelahiran suami. Hanya non gula.
    Soal-e Pak suami gak demen gula. Tapi kadang-kadang aku masukin juga. Hahaha... di embat juga sama doi.
    Xixixixi. asal doi gak tahu, aman deh diriku.

    BalasHapus