Minggu, 23 Oktober 2016

Mi Goreng Kekian




Ingat jaman masih ngekos dulu, sering banget beli mi seperti ini. Kadang dicampurkan dengan nasi goreng, kadang dengan nasi putih biasa, sering juga digadoin begitu saja.

Dan tetiba kangen pengen makan lagi, kebetulan masih punya stok mi kering, jadi bisa langsung eksekusi pagi ini untuk sarapan. Kebetulan masih punya stok terigu juga, ya sudah bikin kekian juga untuk campuran. Enaaakkkk....
Ini termasuk kategori mi jawa bukan ya..? katanya sih kalau pakai kemiri berarti mi jawa, hihi..... tapi nggak yakin juga sih. Nah dari pada salah, takutnya malah merubah ke-otentikan mi jawa yang asli, jadi lebih baik saya namai saja mi goreng kekian ala saya. Maksa (lol).
Pertama saya buat kekiannya dulu. Resepnya ada di sini ya.
Setelah kekian siap, barulah eksekusi dilanjutkan hehe....
Bahan:
1 bungkus mi telur (stok yang saya punya yang ukuran 180 gr). Di rebus dulu ya.
Kekian secukupnya sesuai selera.
1 butir telur.
½ sdt kaldu bubuk. ¼ sdt merica halus.
Kecap manis secukupnya sesuai selera.
Garam secukupnya sesuai selera.
Bumbu halus:
4 bawang putih, 4 bawang merah.
2 butir kemiri.
Cara membuat:
Buat telur orak arik. Sisihkan.
Tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan kekian, telur, mi, dan bumbu lainnya. Masak sampai matang dan bumbu meresap. Selesai.
Ini dia mi goreng kekian ala saya ^_^

Anak-anak juga minta di bungkus buat bekal sekolah hehe.... oke deh, bungkuuss.......
Bekal Kakak ^_^ gak pake nasi biar gak kebanyakan karbo katanya.

Bekal Rafka ^_^ sok-sok dibikin bento gitu deh....

saya sedang senang buat-buat bento ala-ala Jepang gitu. alhasil yang sering dijadikan kelinci percobaan adalah Rafka. karena dia masih nurut-manut saja mau bekalnya bagaimana hihi... beda ya sama Kak Raki yang sudah (merasa) dewasa. dia selalu menolak mentah-mentah kalo saya tawarkan dibuatkan bekal ala bento hihihi........

5 komentar:

  1. Mi memang bisa dimasak aneka resep ya Jeng.
    Layak dicoba nich biar beda rasa dan warna
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  2. Wah mie ..aku suka banget sama mie...ini lagi niat mau belajar buat mie sendiri mbak...:) Mie kekianmu nampaknya enak banget yak ..jadi laper...

    BalasHapus
  3. Kalau dilihat dari tampilannya memang muatappp mbak tapi kalau belum dirasakan kusaya kurang muantappp, mungkin daripada saya ngiler mending bikin langsung ah.

    BalasHapus
  4. Eh waktu ngekost, gw malah jarang masak mie lho. Demen nya kasbon di warung sebelah hahaah

    BalasHapus
  5. Duh, senenegnya kalau dibikinin mie goreng cantik begini smaa mb Rita hihihi :) Aku biasanya ditambahin cabai rawit orens tiap masak mie goreng. Daun bawang jangan lupa dan tomatnya :)

    BalasHapus